Popular Post

Posted by : Val-solution Minggu, 12 Oktober 2014

Mencacat percobaan membuat abon agar tidak lupa.  Abon ini pakai cara dan bumbu kira-kira.  Kalau misalnya ada yang mencoba, terus agak aneh...jangan salahkan saya ya hehehehe... Sepertinya abon ini cocok untuk isian lemper ketan.  Kalau abon untuk teman makan nasi, sepertinya agak kurang pas, bumbu abon masih terasa 'tajam'
Bahan-bahan

300 g daging sapi
1/2 buah bawang bombai rajang halus(lebih baik menggunakan bawang merah)
3 siung bawang putih, iris tipis
gula merah (lupa menimbang, sedikit saja kira-kira bisa membuat abon sedikit manis)
3 biji asam jawa
merica bubuk secukupnya
1 lembar daun salam
1/2 cm lengkuas
minyak untuk menumis secukupnya
garam secukupnya
Cara Memasak


  • Daging sapi diiris gelondongan.  Didihkan air dalam panci, masukkan daging saat air sudah benar-benar mendidih.  Air yang sudah mendidih benar membuat darah yang masih ada dalam daging segera terkunci sehingga air kaldu bisa tetap bening.  Masak daging hingga empuk. Cara memasak daging hingga empuk (resep dari ART saat di Marihat Siantar dulu, mamak Zaki):  daging direbus dalam panci, dengan api paling kecil, tutup panci, selama kurleb 1jam.  
  • Setelah gading empuk, potong daging dadu kecil-kecil untuk memudahkan menghaluskannya dalam blender "kuchine maschine"
  • Bawang bombai ditumis hingga benar-benar matang, masukkan bawang putih, aduk-aduk hingga kecoklatan.  Masukkan bumbu yang lain dan daging sapi dadu. Tumis hingga harum, terakhir masukkan garam. Angkat daging dkk dari kompor.
  • Setelah agak dingin, daging dihaluskan dalam blender... 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © . - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Andi Vallenn -